Sabtu, 25 Februari 2012

Resensi Novel "Cinta Vs Cinta" Oleh Lilis Kartika Damayanti


I.                    IDENTITAS BUKU
Judul                     :           Cinta Vs Cinta
Penulis                  :           Irma Arimurti
Penerbit                 :           Puspa Swara, Anggota Ikapi
Cetakan                :           Pertama
Tempat Terbit       :           Jakarta
Tahun Terbit         :           2006
Ketebalan              :           168 halaman
ISBN                      :           979-24-4809-8

II.                  PRATINJAU
Menakjubkan...!!!
Itulah satu kata yang dapat menggambarkan kekagumanku akan  novel karangan Irma Armurti berjudul Cinta Vs Cinta. Bagaimana tidak, seorang Irma Arimurti yang pada mulanya bercita-cita ingin menjadi Insinyur Pertanian ternyata mampu menciptakan sebuah karya novel berjudul Cinta vs Cinta yang begitu sarat akan nilai-nilai sosial.

Persahabatan adalah sebuah ikatan yang sempurna dan takkan lekang ditelan oleh waktu dan zaman. Namun tak banyak dari mereka yang dapat memaknai arti persahabatan yang sesungguhnya. Dalam novel ini akan terurai kisah yang dapat membuat para pembacanya terbercak kagum akan untaian kisah yang begitu dekat dengan kehidupan sosial masyarakat pada umumnya, sehingga menimbulkan kesan natural.

Novel ini mengisahkan persahabatan dua anak muda yaitu Viena dan Darleen yang merupakan tokoh utama. Dalam perjalanannya, hampir tidak satu rintangan pun yang dapat memecahkan persahabatan mereka. Hingga pada akhirnya, pukulan besar itu pun datang juga, ketika Raga mulai mulai muncul dalam kehidupan mereka. 

Novel ini bukan hanya sekadar  hendak mendidik para pembaca menuju ke rah yang baik. Namun juga, memberikan pelajaran yang berarti untuk banyak orang agar saling menghargai, menyayangi, mengasihi dan tidak memandang sebelah mata terhadap orang lain. Dalam novel ini, penulis menggunakan gaya bahasa sehari-hari sehingga memuda hkan para pembaca untuk memahami arti yang dimaksud. Dengan mengggunakan sudut pandang orang pertama dan diperjelas dengan latar waktu, tempat, dan suasana serta alur yang disusun secara runtut. Sehingga tak mengherankan jika novel ini masuk dalam Karya unggulan Teenlit.

III.               ISI
A.      Unsur Intrinsik
a.       Tema
Novel ini bertemakan persahabatan, yaitu persahabatan antara Viena dan Darleen yang mulai retak akibat adanya pihak ketiga “Raga” yang merupakan pria idaman Darleen.

b.       Latar
v  Latar Tempat
*      UK (Unit Kegitan)
“waduhh.. sorry! Gue buru-buru nih. Gue mau ke UK banyak kerjaan” (halaman 5)
*      Rumah Raga
“tak lama kemudian kami tiba di rumah Raga yang tampak asri dan nyaman” (halaman 14)
*      Kampus
“gue lagi di kampus, bentar lagi ke UK” (halaman 20)
*      Tempat Kost Viena
“kami berjalan berdampingan menuju tempat kostku” (halaman 22)
*      Gelanggang Pertandingan
“ini bukan pertandingan pertamaku di gelanggang, tapi kurasa lebih berat dari pertandingan pertamaku dan pertandingan sebelumnya” (halaman 54)
*      Rumah Sakit
“biar aku saja yang menjaga nenek di rumah sakit, mama pulang saja” (halaman 154)

v  Latar Waktu
*      Siang Hari
“aku melirik jam di pergelangan tanganku, sudah pukul 11 siang” (halaman 5)
*      Malam Hari
“nggak usah Ga, udah malem. Aku udah sms Yongki kalau langsung pulang” (halaman 22)
v  Latar Suasuna
*      Hening dan Sunyi
“hening dan sunyi, suasana kelas saat kuis dadakan” (halaman 5)
*      Canggung
“tunggu dulu mom. Dopingnya bukan sembarang doping istimewa. Inilah dia. “Raga menepuk pundakku. Aku langsung keselek. Hek!!! Kan’ canggung. Apa sih maksudnya   ?(halaman 16)
*      Sunyi Senyap
“Suasana gelenggang langsung sunyi senyap. Saat final berlangsung, gelenggang yang digunakan hanya satu. “ (halaman 75)
*      Ramai
“sorak sorai masih membahana. Sari gegap-gempita berteriak dengan suaranya yang keras dan berat” (halaman 81)

c.       Tokoh dan Penokohan
*      Viena
Sabar, luguh, perhatian dan suka mengalah. Namun kadang-kadang terkesan pendendam.


*      Darleen
Egois, pemarah, keras kepala dan selalu berusaha untuk menjatuhkan orang lain.
*      Raga
Baik, sopan, agak cerewet, dan tidak pernah serius.
*      Sari
Baik hati, sopan, dan suka menolong serta pengeluh.

Adapun t okoh-tokoh yang juga ikut terlibat dalam novel ini (tokoh pembantu) antara lain Yongki, Putu, Widi, Rani, Teh Lina, Ratna, Mama Vien, Mama Raga, dan Pak Seto.

d.       Alur
Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju. Damana setipa kejadiannya dikisahkan atau disusun secara runtut mulai dari bagian pengenalan hingga konflik dan penyelesaian.

e.       Gaya Bahasa
Gaya bahasa yang digunakan dalam Novel Cinta Vs Cinta ini  adalah gaya bahasa sehari-hari sehingga setiap kalimat yang terdapat pada novel dapat dengan mudah dimengerti.

f.        Amanat
*      Persahabatan adalah ikatan yang sempurna dan takkan lekang oleh waktu. Oleh karena itu, janganlah sekali-kali memutuskan indahnya tali persahabatan hanya demi cinta.
*      Segala hal yang dilakukan dengan penuh keikhlasan akan berbuah kebaikan dari orang lain.
*      Teruslah berusaha dan pantang menyerah. Maka, apa yang kita cita-citakan pasti akan tercapai.



g.       Sudut Pandang
Sudut pandang yang digunakan dalam novel Cinta Vs Cinta adalah sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.

B.      Unsur Ekstrinsik
a.       Nilai Moral
Raga berbelok dan parkir di Wapo-Warung Pojok, tempat makan yang berada tepat di seberang kampusku. “Kok kesini Ga?”
“iya, biar kamu bisa makan dengan tenang. Nanti kalau pinsang malah repot!”
Aku memandang Raga penuh terima kasih. “Thank’s” ucapku. (halaman 52)

b.       Nilai Sosial
“ke kantin yukk!” Kia mengamit lenganku yang masih memasukkan segala perlengkapan ketas ransel.
“waduhhh... Sorry gue buru-buru nih. Gue mau ke UK banyak kerjaan”
(halaman 5)

c.       Nilai Adat istiadat
“kumaha atuh neng? Sones kirang sona, tapi kumaha deui?” aku memeluk Rika dan bercanda.
“ahh.. Tenang we. Biasa mun tanding mah. Diantosan di bandungnya,” balas Rika tersenyum. (halaman 68)

d.       Kepengarangan
Irma Arimurti lahir di Bandung, 2 Mei 1983.  statusnya sudah menikah dan mempunyai seorang anak perempuan yang sangat manis.
Hingga SMA, ia bercita-cita menjadi seorang Ir.Pertanian, tapi berhubung lulusnya di Fisip, jadi cita-citanya masih belum ditentukan.
Hobi utama olahraga, mendengarkan musik,dan menulis.
Prestasi yang bisa dibanggakan hingga saat ini adalah masuk dalam sepuluh unggulan Lomba Mengarang Cerita Anak Ayahbunda 2003 dan juga karya ini masuk dalam karya unggulan Lomba Teenlit dan Chicklit Ala Kamu Puspa Swara.



IV.               KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
A.      Kelebihan
Novel Cinta Vs Cinta karangan Irma Arimurti ini, sesungguhnya memiliki banyak kelebihan. Namun, diantara sekian banyak kelebihan itu ada dua hal yang paling berkesan di hati saya, yaitu tentang tema yang diangkatnya, “Persahabatan” d an amanat yang ingin disampaikan penulis melalui novel ini.

B.      Kekurangan
Sempurna adalah satu kata yang ingin dicapai oleh setiap penulis. Namun, seberapa besarpun usaha itu, tak akan ada satu pun karya yang aka mencapainya. Begitu pula dengan novel ini.  Adapun kekurangan dari novel ini yaitu, penggunaan gaya bahasanya yang cenderung mencampur adukkan antara Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Daerah. Selain itu, novel ini juga tidak memiliki nilai agama. Padahal menurut saya, nilai agama yang terdapat pada sebuah novel itu sangat penting. Karena bisa saja, jika nantinya ada seseorang yang tergerak hatinya untuk beribadah setelah membaca novel ini.

V.                  SINOPSIS
Viena bingung...
Darleen, sohibnya, tiba-tiba berubah jadi judes, angkuh dan sinis padanya.  Nge-bete-in banget deh pokoknya!
Padahal Viena kan nggak ngerasa punya masalah ama Darleen.
Kalau soal raga yang lagi dekat sama Viena.
Darleen seharusnya nggak jadi begitu orang raganya nggak ada apa-apa sama Viena lagian dirinya mana munking bersaing dengan Darleen , cewek cantik dan populer di universitasnya.
Terus Darleen kan’ juga sahabat baiknya sejak dulu. Tapi belakang, ia baru sadar ketika satu  persatu   temannya bilang kalau Raga itu lagi PDKT (pendekatan) ama dia, jadi Darleen cemburu.
 Hah?! Raga??? Cowok yang paling keren diuniversitas.
Cowok yang mantan pacarnya cewek-cewek cantik and populer semuanya? Cowok ganteng itu?!
Viena jadi bingung. Apalagi ketika ia bertemu dengan Darleen di dalam mall. Mata cewek itu nyeremin banget seakan-akan  mau menerkam dan melahap Viena.
 Viena jadi tambah bingung dan agak takut ngeliat Darleen yang begitu. Jadi gimana Viena harus bersikap  ?
Mana  Raga makin sering ketemu lagi dengan dia...
hingga tanpa disadari mereka jadi tambah dekat. Dan benih-benih cintapun tumbuh diantara mereka.

VI.               NILAI BUKU
Novel Cinta Vs Cinta karangan Irma Arimurti ini memang pantas mendapatkan dua acungan jempol, karena sarat akan nilai sosial dan moral yang mengajarkakan kita agar teguh, pantang menyerah dan percaya diri akan kemampuan diri sendiri dan tidak memandang remeh akan kemampuan orang lain. Karena walau bagaimanapun, usahalah yang menentukan jalan hidup seseorang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar