Rabu, 16 Mei 2012

KHASIAT BAWANG PUTIH


Bawang putih, bawang putih, dan bawang putih.
Siapa sih yang nggak tau tanaman yang satu ini?
Itu’tuh sih putih yang biasanya dibuat sebagai bumbu masakan.
Tapi, ada yang tau nggak manfaat lain apa yang dimiliki oleh si bawang satu ini selain sebagai bumbu masakan?
Kalau kamu nggak tau, itu berarti kamu mesti baca artikel ini, karna pada artikel kali ini aku mau ngebahas manfaat seputar bawang putih.

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan
Kamu semua udah pada tau nggak sih? Ternyata kandungan kimiawi yang terdapat pada bawang putih,membuatnya tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan tetapi juga sebagai media pengobatan. Contoh kecilnya adalah sebagai antiseptik  karena adanya kandungan antibiotik pada bawang putih.  Nah, yang satu itu masih contoh kecilnya saja karena masih banyak khasiat bawang putih lainnya yang harus kalian ketahui antara lain.
1.      Mengobati penyakit flu dan batuk.
Pada 1992 seorang peneliti dari Universitas Brigham Young, Utah berhasil menemukan fakta baru seputar bawang putih. Ternyata bawang putih (telah ditumbuk) yang dicampurkan dengan minyak dapat membunuh dua macam virus yaitu herpes dan rhinivirus tipe dua yang biasanya menyebabkan flu. Bawang putih mengandung juga sulfur (sejenis zat belerang) yang dipercaya dapat melegakan tenggorokan saluran pernapasan dan membantu mengeluarkan lendir.
Oleh karena itu, bagi Anda yang sering terserang flu atau batuk. Cobalah sekali-kali untuk mengkomsumsi bawang putih, paling tidak tiga kali seminggu. Selain dapat mengkomsumsinya dengan minyak, Anda juga dapat membuat variasi lain dengan mencampurnya bersama susu atau pun teh  hangat.
2.      Meningkatkan daya ingat
Siapa yang tahu, ternyata bawang putih yang selama ini kita gunakan juga dapat membantu dalam meningkatkan daya ingat. Sebuah penelitian di Universitas Tokyo mencatat, bawang putih sangat baik bagi kelompok lansia (sebutan untuk seseorang yang telah tua/berusia lanjut). Tanaman ini mampu meremajakan otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
3.      Menurunkan kadar kolestrol
 Pada tahun 1981 penelitian yang dilakukan Bordia berhasil mengungkapkan bahwa bawang putih mampu menurunkan kolestrol hingga 14% dan meningkatkan kolestrol baik yaitu HDL (High Density Lipoprotein) sebesar 40% jika dikomsumsi secara teratur  selama enam bulan.
Sementara itu, penelitian epidemiologi mengungkapkan bahwa kelompok masyarakat yang mengonsumsi bawang putih 30-50 g seminggu mempunyai kadar kolesterol jauh lebih rendah dibandingkan kelompok masyarakat yang tingkat konsumsinya tidak sebesar itu.
4.      Meningkatkan daya tahan tubuh atau stamina
Jika Anda termasuk orang yang mudah terserang lelah, ada baiknya jika mulai sekarang Anda membiasakan diri untuk mengkomsi bawang putih secara teratur.  Dengan mencampurkan bawang ke dalam masakan atau menelan bawang setiap hari dipercaya dapat menjadi sumber kekuatan fisik dan meningkatkan stamina.
5.      Membunuh cacing parasit dalam tubuh
November 1995, artikel Garlic as an Antinematodal agent di Aquarium Fish menunjukkan bahwa bawang putih menghambat pertumbuhan nematoda (cacing) dalam saluran pencernaan Pterophylum scalare.
6.      Mencegah serangan jantung
Penyakit yang satu ini tentunya merupakan momok yang sangat menakutkan bagi semua orang. Bagaimana tidak, penyakit jenis ini bisa saja datang sewaktu-waktu  tanpa mengenal adanya batasan usia, fisik maupun psikologis seseorang.  Meskipun begitu, bukan berarti penyakit yang satu ini tidak bisa dicegah. Salah satu caranya adalah dengan mengkomsumsi bawang putih.
Khasiat bawang putih yang satu ini tentunya telah dibuktikan, yaitu melalui sebuah penelitian yang melibatkan 432 penderita penyakit jantung. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengkomsumsi bawang putih dua sampai tiga suing per hari ternyata mampu bertahan hidup lebih lama.
Hal tersebut terjadi karena bawang putih mampu mengecilkan sumbatan-sumbatan pada arteri jantung. Karena itu, penggemar menu daging perlu menyertakan bawang putih (dalam bentuk bumbu atau acar) untuk mengurangi dampak buruk dari lemak hewani.

Nah, gimana? Sekarang kalian sudah tau’kan apa saja khasiat bawang putih bagi kehidupan kita. Dan seperti biasa, karena kamu sudah tau, berarti masih ada satu lagi kewajiban yang harus kamu lakukan yaitu menerapkannya dalam kehidupan kamu dan orang sekitarmu. Jangan sampai apa yang kamu peroleh pada artikel kali ini hanya jadi angin berlalu yang tak berbekas sama sekali. Jadi, sekian dulu yach perjumpaan kita diartikel kesehatan kali ini. Sampai jumpa diartikel-artikel kesehatan lainnya dan selalu ingat                    
“ORANG CERDAS SELALU HIDUP DENGAN TUBUH SEHAT”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar